Mengapa Anda mengalami rasa nyeri? Memahami pengertian dari rasa nyeri dan beberapa alasan mengapa seseorang mengalami rasa nyeri dengan cara yang berbeda-beda.

Klasifikasi rasa nyeri

Selama berabad-abad mengartikan rasa nyeri merupakan hal yang sangat sulit bagi komunitas kesehatan internasional. Pengertian pada saat ini yang berlaku dikemukakan oleh International Association for the Study of Pain (IASP)adalah keadaan tidak menyenangkan dan pengalaman emosional yang dikaitkan dengan kerusakan jaringan yang berpeluang untuk terjadi atau dapat benar terjadi atau yang dapat dijelaskan dengan istilah seperti itu. Rasa nyeri dapat menjadi akut dan berumur pendek atau kronis dan bertahan lama. Banyak cara untuk mengklasifikasikan rasa nyeri dan banyak dari klasifikasi ini saling melengkapi namun klasifikasi yang paling umum dikenali meliputi hal yang berikut ini:

  • Nyeri nosiseptif memiliki fungsi melindungi. Rasa nyerinosiseptif merupakan akibat dari aktivitas di jaringan urat saraf yang disebabkan oleh terjadinya kerusakan jaringan atau jaringan yang berpeluang-rangsangan yang merusak. Contoh paling umum meliputi rasa nyeri setelah operasi, rasa nyeri artritis, nyeri punggung bawah, atau luka karena olahraga.
  • Nyeri somatik atau berkobar-kobar dirasakan ketika terdapat kerusakan pada jaringan lembut muskuloskeletal tubuh. Rasa nyeri jenis ini seringkali hanya pada satu tempat dan digambarkan sebagai rasa yang tidak nyaman. Rasa nyeri tersebut terjadi karena adanya kenaikan aktivitas di bahu, pinggung dan tangan namun dapat juga terjadi di pinggang bawah.
  • Nyeri neuropatik disebabkan oleh luka atau sistem saraf somatosensoriyang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Rasa nyeri ini akibat oleh kerusakan atau penyakit yang mempengaruhi bagianmanapun dari sistem saraf, dan sering tidak ditemukan bukti fisik yang kelihatan. Hal itu seringdigambarkan sebagai sesuatu yang terbakar, rasa tertusuk, tertembak atau rasa nyeri yang menyengat. Jenis rasa nyeri ini cenderung untuk terjadi dalam hitungan hari atau minggu dari luka fisikdengan frekuensi dan intesitas yang tidak menentu. Kadang-kadang tidak diketahui sumber rasa nyeri yang jelas dan dapat terjadi secara spontan.

Mengapa Anda mengalami rasa nyeri? Memahami pengertian dari rasa nyeri dan beberapa alasan mengapa seseorang mengalami rasa nyeri dengan cara yang berbeda-beda.

lanjut ke: